Langsung ke konten utama

Pengertian dan macam macam perjalanan bisnis

Pengertian Dan Macam Macam Perjalanan Bisnis

Pengertian Dan Macam Macam Perjalanan Bisnis - Perjalanan Bisnis adalah perjalanan ke suatu tempat kerja yang berbeda  yang di tentukan oleh perusahaan. Perjalanan bisnis  adalah perjalanan yangdilaksanakan olehseorang pimpinan suatu perusahaan yang berkaitan dengan tugas dan pekerjaan untuk jangka waktu yang tertentu.

Pelaksanaan perjalanan bisnis berbeda dengan perjalanan biasa. Seseorang yang melaksanakan perjalanan biasa , mempersiapkan sendiri segala sesuatunya , baik dalam menentukan tempat yang dituju maupun dalam menggunakan dana , dan biasanya keluarga pun ikut serta. Sedangkan pejalanan bisnis ,biasanya perusahaan yang memutuskan semuanya.


Perusahaan yang menentukan tempat tujuan yang akan dikunjungi serta perusahaan yang membayar semua biaya untuk keperluan perjalanan bisnis  termasuk biaya transportasi , hotel , makan , minum dan tunjangan lainnya.

Dalam perjalanan bisnis , keluarga tidak ikut serta , karena perjalanan bisnis adalah urusan bisnis semata yang bertujuan untuk meningkatkan prospek bisnis agar lebih cerah,makmur dan dapat memperoleh banyak mitra usaha yang lebih baik, dan juga untuk meningkatkan dan mengembangkan semua kegiatan usaha dari sebuah perusahaan.

Oleh karena itu , perjalanan bisnis perlu dipersiapkan dengan baik olehadministrasi kantor atau sekretaris , sebagai asisten pimpinan perusahaan yang mempunyai tugas untuk mengurus keperluan pimpinan , mulai dari keberangkatan sampai dengan kepulangannya.

Untuk bisa mempersiapkan sebuah perjalanan bisnis , seorang sekretaris  harus mempunyai sedikit pengetahuan dan sebah keterampilan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan sebuha perjalanan bisnis dengan cermat , teliti dan rapih ,agar selama perjalanan bisnis tersebut pimpinan tidak menemukan kesulitan yang menghambat.

Seorang administrasi kantor / sekretrarisharus mengetahui peraturan perusahaan yang mengatur tentang penggunaan transportasi pada perjalanan bisnis , seperti bagaimana prosedurnya , mengetahui hak hak pimpinan , serta mengetahui apa saja kewajiban perusahaan , apakah pimpinan dapat menggunakan fasilitas kelas utama (VIP) ,kelas ekonomi , atau menentukan sendiri kelas fasilitasnya.

Seorang administrasi kantor / sekretaris juga harus memiliki banyak pengetahun tentang hotel-hotel berbintang atau hotel tidak berbintang beserta tarif dan fasilitasnya , mengetahui tarif pesawat mengetahui tentang biro-biro perjalanan , dan mengetahui biaya sewa / rental mobil di tempat tujuan , bila pimpinan membutuhkan kendaraan roda empat.

Seorang administrasi kantor / sekretaris pun harus memutuskan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan perjalanan bisnis . Pencarian informasi tentang tiket transportasi , akomodasi (penginapan) , beserta tarifnya sebaiknya dilakukan secara online dan pemesanan (reservation) sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum keberangkatan , karena jika pemesanan dilakukan menjelang keberangkatan , dikhawatirkan akan menghadapi berbagai kendala.

Adapun Macam - Macam Perjalan Bisnis

Ditinjiau dari segi wilayah negara tujuan , perjalanan bisnis dibedakan menjadi dua macam , yaitu :

Perjalan Bisnis Dalam Negeri
Perjalanan Bisnis Antarkota dalam satu provinsiPerjalanan Bisnis AntarProvinsiPerjalanan Bisnis Luar Negeri atau Perjalanan Antar Negara

Demikian Artikel Ampuh mengenaiPengertian Dan Macam Macam Perjalanan Bisnis yang dapat membantu proses pembelajaran siswa - siswi SMK Jurusan Perkantoran dan menambah sedikit pengetahuan untuk anda yang bekerja sebagai sekretaris atau seorang administrasi kantor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Rapat, Macam-macam rapat, Indikator keberhasilan rapat, Tujuan Rapat, Jenis-Jenis Rapat Dan Syarat-syaratnya, Syarat- Syarat Rapat

Pengertian Rapat, Macam-macam rapat, Indikator keberhasilan rapat,  Tujuan Rapat ,  Jenis-Jenis Rapat Dan Syarat-syaratnya ~ Pengertian Rapat Pengertian Rapat ● adalah suatu pertemuan atau perundingan yang bertujuan memutuskan suatu permasalahan yang dilakukan dengan musyawarah  untuk mencapai mufakat dalam suatu forum. Forum rapat dibentuk secara formal maupun non-formal yang menghasilkan keputusan yang seadil mungkin sehingga menghadirkan solusi yang baik bagi semua peserta rapat. Macam-macam rapat Rapat itu sangat banyak macamnya yang dibedakan dari berbagai hal dan sudut pandang. Berikut adalah macam-macam rapat: Macam rapat menurut tujuannya ~ Rapat   menurut tujuannya mengacu pada apa yang diinginkan sebagai hasil rapat tersebut. Rapat ini dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya adalah: Rapat penjelasan yakni rapat yang ditujukan untuk memberikan penjelasan dan pengarahan kepada peserta rapat.Rapat pemecahan yakni rapat yang diadakan untuk membahas suatu permasala

Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)

SURAT PERINTAH PERJALANAN DINAS Surat Perintah Perjalanan Dinas ■ Pada pembahasan kali ini saya akan membahas seputar Surat Menyurat, yaitu Surat Perintah Perjalanan Dinas yang dikeluarkan oleh suatu instansi untuk melakukan tugas tertentu yups  berikut uraian Surat Perintah Perjalanan Dinas atau SPPD :)  ■ Surat Perintah Perjalanan Dinas ( SPPD ) adalah Surat Dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Dalam kedinasan, kadang kala seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperintahkan untuk melakukan tugas tertentu di bidang tertentu atau diperintahkan untuk melakukan tugas ke daerah maupun instansi lainnya. ~  Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) sebagai bukti administrasi tugas dilengkapi juga dengan Surat Tugas yang dikeluarkan dan dibubuhi tanda tangan oleh pimpinan atau atasan dari instansi terkait. salah satu fungsi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) Dikeluarkan untuk mencairkan dana transportasi ketika kita berpergian dalam s